Meningkatkan Kualitas Pendidikan Kristiani Melalui Reorientasi Nilai Pendidikan

David Raynold Partogi

Abstract


Education is the bridge to a better society. Through education, prosperity can be achieved. As such, individuals from all walks of life are actively encouraged to pursue education. However, problems arise as education is now certificate-oriented. The orientation of education towards certificates means pushing education towards learning outcomes. Education focuses on certificates and prioritizes the product's quality, namely the students' ability. Thus, education is currently considered to have experienced disorientation. Disorientation in education occurs due to various problem factors, such as uneven quality levels in each education unit and college, passive students, poor learning systems, the role of teachers in learning, and others. To solve the problem, the subject of education must understand the role and needs of each subject of education. Thus, the issue of disorientation in Indonesian education can be overcome properly.

 

  

Abstrak

Pendidikan adalah jembatan dalam pencapaian mayarakat yang lebih baik. Melalui pendidikan, kesejahteraan dapat tercapai. Karena itu, setiap individu dari berbagai lapisan masyarakat aktif didorong untuk menempuh pendidikan. Namun, masalah muncul seperti pendidikan kini berorientasi pada sertifikat (certificate oriented). Orientasi pendidikan terhadap ijazah berarti mendorong pendidikan kepada hasil pembelajaran. Padahal, pendidikan tidak hanya fokus pada sertifikat, melainkan mengutamakan kualitas produk, yakni kemampuan dari peserta didik. Sehingga, pendidikan saat ini dinilai telah mengalami disorietasi. Disorientasi dalam pendidikan terjadi karena berbagai faktor masalah, seperti: tingkat kualitas yang belum merata pada setiap satuan pendidikan dan perguruan tinggi, peserta didik yang pasif, sistem pembelajaran yang tidak baik, peran guru dalam pembelajaran, dan lain-lain. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, maka subjek pendidikan harus memahami peran dan kebutuhan dari masing-masing subjek pendidikan. Sehingga, dengan demikian masalah disorientasi dalam pendidikan Indonesia dapat diatasi dengan baik.

 


Keywords


Christian education, certificate-oriented education, value-reoriented education, pendidikan berorientasi sertifikat, pendidikan kristiani, reorientasi nilai pendidikan

Full Text:

PDF

References


Bushell, Michael. “BibleWorks.” Norfolk: BibleWorks LLC, 2009.

Fadli, Rizky Very. “Tinjauan Filsafat Humanisme: Studi Pemikiran Paulo Freire Dalam Pendidikan.” Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 9, no. 2 (2020): 96–103.

Iskandar. “Implementasi Teori Hirarki Kebutuhan Abraham Maslow Terhadap Peningkatan Kinerja Pustakawan.” KHIZANAH AL-HIKMAH 4, no. 1 (2016): 24–34.

Isma, Cut Nelga, Rina Rahmi, & Hanifuddin Jamin. “Urgensi Digitalisasi Pendidikan Sekolah.” At-Ta’Dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam 14, no. 2 (2022): 129–141.

Jalaluddin, H., & H. Abdullah Idi. Filsafat Pendidikan: Manusia, Filsafat, Dan Pendidikan. Cet.6. Depok: PT RajaGrafindo Persada, 2017.

Masbur. “Perspektif Abraham Maslow.” Jurnal Ilmiah Edukasi 1, no. 1 (2015): 29–47.

Musfah, Jejen. Peningkatan Kompetensi Guru : Melalui Pelatihan Dan Sumber Belajar Teori Dan Praktik. Jakarta: Prenadamedia Group, 2011.

Nuraeningsih, & Wening Sahayu. “Telaah Kurikulum 2013 Menurut Filsafat Progresivisme.” Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan 13, no. 1 (2022): 79–87.

Pramesti, Tiya Prita. “Paradigma Peserta Didik Yang Sertificate Oriented” (2017). https://www.researchgate.net/publication/321214148_Paradigma_Peserta_Didik_Yang_Sertificate_Oriented.

Pratama, Aris. “Sejarah Pendidikan Di Indonesia.” SMP NEGERI 2 SUKARATU. 2023. Diakses, 18 November 2023. https://smpn2sukaratu.sch.id/read/4/sejarah-pendidikan-di-indonesia.

Pratama, Cahya Dicky, & Serafica Gischa. “Teori Hierarki Kebutuhan Abraham Maslow.” Kompas.Com. 2022. Diakses, 15 January 2024. https://www.kompas.com/skola/read/2020/12/31/140134369/teori-hierarki-kebutuhan-abraham-maslow.

Putri, Rukiana Novianti, & Syaifullah Nur. “Kesulitan Belajar Siswa Selama Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi COVID-19.” JBKPI: Jurnal Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam 1, no. 02 (2022): 1–13.

Ranti, Soffya. “Pengertian Software, Fungsi, Dan Contohnya.” Kompas.Com. 2023. Diakses, 16 January 2024. https://tekno.kompas.com/read/2023/01/19/03000097/pengertian-software-fungsi-dan-contohnya?page=all#.

Rusdi. Penerapan Ktsp Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan (Studi Kasus Di MTs Hidayatul Umam Cinere-Depok). Jakarta, 2011. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/4504/1/99621-RUSDI-FITK.PDF.

Salinding, Viona Jesiska, & Magdalena Pranata Santoso. “Penerapan Pendidikan Kristen Dalam Kegiatan Belajar-Mengajar Yang Menolong Murid Belajar Secara Efektif Berdasarkan Perspektif Alkitab.” Aletheia Chrisian Educators Journal 1, no. 1 (2020): 28–39.

Sekretariat. “Program Digitalisasi Pendidikan Indonesia, Aspek Perbukuan, Dan Perkara Mental.” IKAPI. 2023. https://www.ikapi.org/2023/04/10/program-digitalisasi-pendidikan-indonesia-aspek-perbukuan-dan-perkara-mental/.

Siswadi, Gede Agus. “Pemikiran Filosofis Paulo Freire Terhadap Persoalan Pendidikan Dan Relevansinya Dengan Sistem Merdeka Belajar Di Indonesia.” Guna Widya : Jurnal Pendidikan Hindu Volume 9 Nomor 2 September 2022 (2022): 142–153.

Siyam, Hidayah Risalatus, & Heni Siswantari. “Strategi Guru Dalam Menghadapi Siswa Pasif Saat Daring Di SD Muhammadiyah Gendeng.” In PROSIDING: Seminar Nasional Hasil Pelaksanaan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan, 2:908–912, 2021.

Sudharmadja, Ayu Faridah Ahzarra. “Identifikasi Upaya Represif Dan Modifikasi Tingkah Laku Dalam Pembelajaran Oleh Guru Terhadap Peserta Didik Kelas Rendah Se-Surakarta.” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2020.

Susilo, Muhammad Joko. “Kembali Kepada Hakekat Dan Orientasi Pendidikan Yang Sebenarnya.” Universitas Ahmad Dahlan. 2012. Diakses, 30 January 2024. https://uad.ac.id/id/kembali-kepada-hakekat-dan-orientasi-pendidikan-yang-sebenarnya/.

Uling, Manintiro, Yatmini, & Leniwan Darmawati Gea. “Pendekatan Kotekstualisasi Misi Bagi Kaum Milenial.” Makarios: Jurnal Teologi Kontekstual 1, no. 1 (2022): 78–96.

Vhalery, Rendika, Albertus Maria Setyastanto, & Ari Wahyu Leksono. “Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur.” Research and Development Journal of Education 8, no. 1 (2022): 185–201.

Wachidah, Siti Nurul. “Konstruksi Pendidikan Islam Di Era Global Menurut Azyumardi Azra.” CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan 1, no. 3 (2021): 177–186.

Wiryadinata, Halim. “Religious Education and Vaccination: The Concept of Halal, From the Slippery Road to Herd Immunity,” PASCA : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 19, no. 2 (2023): 141–150.

Wiryadinata, Halim. "A Shifting Capital of Religious Education in the Digitalization Era,” Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH) 5, no. 2 (2023): 140–154.

Wiryadinata, Halim et al. “Religion and Management: Redefining God’s Kingdom Management for Human Resources Post COVID-19,” Religious: Jurnal Studi Agama-Agama dan Lintas Budaya 6, no. 3 (2022)

Zhukova, Halyna, Olha Vashevich, Oksana Patlaichuk, Tetiana Shvets, Nataliia Torchynska, & Iryna Maidaniuk. “Dialogue In The Philosophical And Educational Postmodern View.” Postmodern Openings 13, no. 2 (2022): 303–320.




DOI: https://doi.org/10.46929/graciadeo.v6i2.202

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JURNAL TEOLOGI GRACIA DEO is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://e-journal.sttbaptisjkt.ac.id/index.php/graciadeo.

JURNAL TEOLOGI GRACIA DEO telah terindeks pada situs:

Online ISSN: 2655-6863

Printed ISSN: 2655-6871 

Copyright© GRACIA DEO, 2018-2020. All Rights Reserved.

View GD Stats