Profil Pelajar Pancasila dalam Perspektif Pendidikan Kristiani: Sebuah Studi tentang Penguatan Karakter Siswa

Saturnina Elisa, Reni Triposa, Yonatan Alex Arifianto

Abstract


In the implementation of the Pancasila student profile, the subject of civic education serves as a character education process for students within the learning framework. This theory aids students in understanding and applying the values of the Pancasila student profile in their lives. The author employs a literature review method in this study. The discussion in this study concludes that the Pancasila student profile can be implemented in Christian education. This is done to ascertain and develop the Pancasila Student Profile in the students' characters, providing an essential understanding through Christian education. Exemplary attitudes and guidance play a crucial role in effectively imparting understanding to students and enhancing their character.

 

Abstrak

Dalam implementasi profil pelajar pancasila pelajaran PAK merupakan suatu proses peserta didik dalam pendidikan karakter untuk membentuk pertumbuhan karakter dengan penanaman nilai-nilai profil pelajar Pancasila sesuai dengan kurikulum yang ditetapkan di sekolah dasar yaitu kurikulum merdeka belajar, melalui teori tersebut membantu peserta didik dapat memahami, mengerti, dan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan peserta didik sehingga peserta didik mengalami pertumbuhan karakter yang baik. Penulis menggunakan metode pustaka dalam kajian ini. Pendidikan karakter peserta didik dalam suatu proses pembelajaran yang dilaksanakan, melalui teori tersebut membantu peserta didik dapat mengerti dan dapat mengaplikasikannya sesuai dengan nilai-nilai profil pelajar pancasila dalam kehidupan peserta didik. Penulis menggunakan metode pustaka dalam kajian ini. Uraian dari kajian ini menyimpulkan profil pelajar pancasila dapat diimplementasikan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Hal ini dilakukan untuk mengetahui memperhatikan, dan mengembangkan profil pelajar Pancasila terhadap karakter peserta didik serta memberi pemahaman penting melalui proses Pendidikan Agama Kristen, sikap keteladanan dan bimbingan dalam memberikan pemahaman secara efektif kepada peserta didik. Nilai-nilai yang diimplementasikan tersebut suatu nilai yang sudah diatur dan disusun serta diusahakan kepada peserta didik agar peserta didik mengalami suatu perubahan dalam proses pembelajaran terutama pada karakter peserta didik.

 

 


Keywords


character education, Christian religious education, Pancasila student profile, profil pelajar Pancasila, pendidikan karakter, pendidikan agama Kristen

Full Text:

PDF

References


Arifianto, Yonatan Alex. “Pentingnya Pendidikan Kristen Dalam Membangun Kerohanian Keluarga Di Masa Pandemi Covid-19.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5, no. 2 (2020): 94–106.

Dewantara, K. H. Pendidikan. Jogjakarta: Taman Siswa, 1962.

E.G. Homrighausen & I.H. Enklaar. Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2007.

Faiz, A & Kurniawaty. “Urgensi Pendidikan Nilai Di Era Globalisasi.” Jurnal Basicedu 6, no. 3 (2022).

“Hasil Wawancara Dengan Hendra Setiawan, Selaku Guru Pendidikan Agama Kristen. Pada Hari Kamis, 1 September 2022. Pukul 10:52.,” n.d.

“Hasil Wawancara Online Dengan Susilia Selaku Guru Pendidikan Agama Kristen. Pada Hari Senin 18 Desember 2023. Pukul 13:26,” n.d.

Legi, Hendrik. Metode Mengajar Pendidikan Agama Kristen. Jawa Barat: EDU Publisher, 2021.

Liska, Luh Putu Swandewi Antari & Luh De. “Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Penguatan Karakter Bangsa.” Jurnal FKIP Universitas Mahadewa Indonesia 21, no. 2 (2021).

Mulyasa. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Bumi Askara, 2011.

Rachmawati, Nugraheni, Arita Marini, Maratun Nafiah, Iis Nurasiah. “Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Implementasi Kurikulum Prototipe Di Sekolah Penggerak Jejang Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 3 (2022).

Rofi’ie, Abdul Halim. “Pendidikan Karakter Adalah Sebuah Keharusan.” Waskita 1, no. 1 (2017).

Triposa, Reni, Yonatan Alex Arifianto, and Yudi Hendrilia. “Peran Guru PAK Sebagai Teladan Dalam Meningkatkan Kerohanian Dan Karakter Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK) 2, no. 1 (2021): 109–26. https://doi.org/10.52489/jupak.v2i1.24.

Umrati, and Hengki Wijaya. Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan. Sulawesi Selatan: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2020.

Wijaya, A, Mustofa. S.M, & Husain F. “Sosialisasi Program Merdeka Belajar Dan Guru Penggerak Bagi Guru SMPN 2 Kabupaten Maros.” Jurnal PURUHITA 2, no. 1 (2020).

Zubaedi. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012.




DOI: https://doi.org/10.46929/graciadeo.v6i2.197

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JURNAL TEOLOGI GRACIA DEO is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://e-journal.sttbaptisjkt.ac.id/index.php/graciadeo.

JURNAL TEOLOGI GRACIA DEO telah terindeks pada situs:

Online ISSN: 2655-6863

Printed ISSN: 2655-6871 

Copyright© GRACIA DEO, 2018-2020. All Rights Reserved.

View GD Stats