Penerapan Model PAIKEM Pada Pendidikan Agama Kristen Berbasis CBSA Di Era Pandemi Covid-19

Priskila Issak Benyamin, Febie Yolla Gracia

Abstract


Christian religious education learning during the pandemic needs to find an active, innovative, creative, effective, and fun learning model. Students experience boredom with the monotonous online learning system and seem less interactive, so it becomes a challenge when Face-to-face Learning (PTM) is implemented during the pandemic. It impacts student learning outcomes in the classroom, which has decreased. This research aims to increase the activeness and learning outcomes of students in online learning and PTM. The research method used is classroom action research by applying several stages: planning, implementation, observation, and reflection in each cycle. The researcher applies the CBSA-based PAIKEM model on Christian Religious Education subjects. Learning CBSA-based PAIKEM makes students active by carrying out various activities such as discussing, solving problems, forming ideas, compiling plans, and reports in-class learning. After two cycles, the study results showed a significant increase from the initial conditions, and student learning outcomes met the KKM for Christian Religious Education subjects. 

 

Abstrak

Pembelajaran pendidikan Agama Kristen di masa pandemi perlu menemukan sebuah model pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Siswa mengalami kejenuhan dengan sistem pembelajaran daring yang monoton dan terkesan kurang interaktif sehingga menjadi sebuah tantangan saat diberlakukannya Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di masa pandemi. Hal ini berimbas pada hasil belajar siswa di kelas yang mengalami penurunan. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran daring maupun PTM. Metode penelitian yang digunakan yakni penelitian tindakan kelas dengan menerapkan beberapa tahapan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi pada setiap siklusnya. Peneliti menerapkan model PAIKEM berbasis CBSA pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen. Pembelajaran PAIKEM berbasis CBSA membuat siswa aktif dengan melakukan berbagai kegiatan seperti berdiskusi, memecahkan masalah, membentuk gagasan, menyusun rencana dan laporan dalam pembelajaran di kelas. Hasil penelitian setelah melalui dua siklus, terjadi peningkatan yang signifikan dari kondisi awal dan hasil belajar siswa memenuhi KKM mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen.


Keywords


Christian education, CBSA, learning outcomes, online learning, PAIKEM models, CBSA, hasil belajar, model PAIKEM, pembelajaran daring, pendidikan agama Kristen

Full Text:

PDF

References


Benyamin, Priskila Issak, Ibnu Salman, and Frans Pantan. “Evaluasi Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Kristen Di Masa Pandemi.” Jurnal Teologi Berita Hidup 4, no. 1 (2021): 52–59.

Benyamin, Priskila Issak, Ucok P Sinaga, and Febie Yolla Gracia. “Penggunaan ‘Platform’ Digital Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Era Disrupsi.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 6, no. 1 (2021): 60–68.

Desy Masrina, Muryati Muryati, and Suwondo Sumen. “Dampak Pemuridan Bagi Kaderisasi Pelayan Tuhan Dan Pertumbuhan Gereja Bethel Indonesia Toho.” Jurnal Gamaliel: Teologi Praktika 3, no. 2 (2021): 127–140.

Hamid, Abdul. “Guru Professional.” Guru Profesional 17, no. November (2017): 274–285.

Hanifah Nurdinah. “MEMAHAMI PENELITIAN TINDAKAN KELAS: Teori Dan Aplikasi.” In Memahami Penelitian Tindakan Kelas:Teori Dan Aplikasi, edited by Julia, 62. Prabowo, D. Bandung, n.d.

Krisna Pakpahan, Gernaida, Ibnu Salman, and Andreas Budi Setyobekti. “Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Upaya Mencegah Radikalisme.” KURIOS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 7, no. 2 (2021).

Mahendra, Yogi, Yehezciel V Fernando, and Anastasya Runesi. “EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Metode Sersan Sebagai Model Pembelajaran Efektif Dan Inovatif Dalam Kelas Virtual Di Sekolah Tinggi Teologi Bethel Indonesia” 4, no. 2 (2022): 1668–1677.

Novalis, Dede, Yuel Sumarno, and Josia Pantja Paruntung. “Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual Dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Pak” 10 (2019): 27–39.

Pakpahan, Gernaida K.R. “Membangun Solidaritas Kemanusiaan: Kritik Nabi Amos Terhadap Praktik Pelanggaran Hak Asasi Manusia.” Manna Rafflesia 7, no. 2 (2021): 441–466.

Panggabean, Suvriadi, Ana Widyastuti, Wika Karina Damayanti, Muhammad Nurtanto, Hani Subakti, Nur Kholifah, Dina Chamidah, et al. Konsep Dan Strategi Pembelajaran. Edited by Ronal Watrianthos and Janner Simarmata. Pertama. YAYASAN KITA MENULIS, 2021.

Pantan, Frans, and Priskila Issak Benyamin. “Peran Keluarga Dalam Pendidikan Anak Pada Masa Pandemi Covid-19.” KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta 3, no. 1 (2020): 13–24.

Pantan, Frans, and Setia Nainggolan. “Ketrampilan Guru Dalam Mengajar Pendidikan Agama Kristen.” Edukasi : Jurnal Pendidikan agama kristen 1, no. 1 (2008): 1.

Purnomo, Bambang Hari. “Pendahuluan Kedudukan Observasi Dalam Tahapan PTK Metode Observasi.” Metode Dan Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) 8 (2011): 251–256.

Sumarno, Yuel, Apin Militia Christi, Febie Yolla Gracia, Anastasia Runesi, and Hendrik Timadius. “Strategi PAIKEM Terpadu Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Era Pandemi Covid-19.” Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 4, no. 2 (2021): 226–244.

Wongkar, Anggrini Amelia, Yuel Sumarno, and Rini. “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Pada Siswa Kelas Vii Smtk.” jurnal STT Bethel indonesia 11, no. 1 (2020).




DOI: https://doi.org/10.46929/graciadeo.v4i1.115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JURNAL TEOLOGI GRACIA DEO is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://e-journal.sttbaptisjkt.ac.id/index.php/graciadeo.

JURNAL TEOLOGI GRACIA DEO telah terindeks pada situs:

Online ISSN: 2655-6863

Printed ISSN: 2655-6871 

Copyright© GRACIA DEO, 2018-2020. All Rights Reserved.

View GD Stats