Peningkatan Mutu Lulusan Sekolah Tinggi Teologi dan Kultur Kampus: Sebuah Refleksi Teologis Filipi 3:17-18 tentang Keteladanan

Wahju Astjarjo Rini, Andreas Fernando, Carolina Etnasari Anjaya, Yonatan Alex Arifianto

Abstract


The quality of STT graduates is very important to be improved in the midst of the fact that there is a decline in morality today. STT is a place to give birth to prospective Christian leaders and educators has responsibility for these conditions because leaders and educators absolutely function as role models as the message of the apostle Paul in Philippians 3:17-18. In these wicked times, the need for qualified Christian educators and prospective Christian educators who are able to become models is an urgent matter. If STT is not able to answer this question, then the moral quality and faith of God's people will be further eroded by the currents of the wickedness of the times. The method used is through qualitative description. The purpose of this research is to provide a description of efforts to improve the quality of STT graduates and offer ways or strategies for their implementation. The results of the research conclude that improving the quality of graduates based on the Tridharma of higher education can be done in three stages, namely building an educational culture (learning) through inquiry learning methods and focus group discussions, research culture (doing) by applying research habituation and community service culture (sharing-experiencing). ) through various community activity programs. 

 

Abstrak

Mutu lulusan STT sangat penting untuk ditingkatkan di tengah fakta terjadinya kemerosotan moralitas saat ini. STT sebagai tempat melahirkan calon pemimpin umat dan pendidik Kristen memiliki tanggung jawab atas kondisi tersebut sebab pemimpin dan pendidik mutlak berfungsi menjadi teladan sebagaimana pesan rasul Paulus dalam Filipi 3:17-18. Di masa yang penuh kefasikan ini kebutuhan terhadap calon pemimpin rohani dan pendidik Kristen berkualitas dan mampu menjadi model adalah sebagai hal yang urgen. Jika STT tidak mampu menjawab persoalan ini maka kualitas moral dan keimanan umat Tuhan akan semakin terpuruk terseret oleh arus kefasikan zaman. Metode yang dipergunakan adalah melalui deskripsi –kualitatif. Tujuan dari riset ini adalah memberikan deskripsi tentang upaya peningkatan mutu lulusan STT dan menawarkan cara atau strategi penerapannya. Hasil riset menyimpulkan bahwa peningkatan mutu lulusan berbasis Tridharma perguruan tinggi dapat dilakukan dengan tiga tahap yaitu membangun kultur pendidikan (learning) melalui metode pembelajaran inquiry dan focus group discussion, kultur riset (doing) dengan cara menerapkan habituasi riset dan kultur pengabdian masyarakat (sharing-experiencing) melalui pelbagai program kegiatan masyarakat.

 

 

Keywords


graduate quality, school quality, quality improvement, tri dharma, campus culture, budaya kampus, mutu lulusan, mutu sekolah, peningkatan mutu, tridharma

Full Text:

PDF

References


Adha, Maulana Amirul, Achmad Supriyanto, dan Agus Timan. “Strategi Peningkatan Mutu Lulusan Madrasah Menggunakan Diagram Fishbone.” Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan 5, no. 01 (2019): 11–22. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/tarbawi.

Ammase, S, Muhammad Yusuf Hidayat, dan Andi Jusriana. “Pendekatan Pembelajaran Deduktif Dan Pembelajaran Induktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya Pokok Bahasan Pemuaian Kelas Vii Smp Negeri 21 Makassar.” JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar 3, no. 1 (2015): 1–4.

Anjaya, Carolina Etnasari, Yonatan Alex Arifianto, dan Andreas Fernando. “Kecerdasan Spiritual sebagai Dasar Terbentuknya Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Kristen.” REDOMINATE: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 3, no. 1 (2021): 59–70.

Arifianto, Yonatan Alex. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Pendidikan Etis-Teologis Mengatasi Dekadensi Moral di Tengah Era Disrupsi.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 6, no. 1 (2021): 45–59. http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/article/view/84.

Arifin, Nur. “Peninggkatan Mutu Lulusan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam.” Jurnal Dirosah Islamiyah 3, no. 2 (2021): 180–192.

Cordiaz, Muhammad. “Penerapan Smart Campus sebagai Pendukung Kegiatan Pendidikan dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.” Jurnal Informatika Universitas Pamulang 2, no. 2 (2017): 77.

Dictionary. “Definition of Patience.” Merriam-Webster. Last modified 2022. Diakses November 10, 2021. https://www.merriam-webster.com/dictionary/wisdom.

Gidion. “Kecakapan Lulusan Program Studi Teologi yang Menjawab Kebutuhan Gereja.” Sanctum Domine: Jurnal Teologi 10, no. 2 (2021): 89–98.

Gidion, Gidion. “Kecakapan Lulusan Pendidikan Tinggi Teologi Menghadapi Kebutuhan Pelayanan Gereja dan Dunia Pendidikan Kristen.” Kurios 6, no. 1 (2020): 73.

Hertanto, Ari Suksmono, Carolina Etnasari Anjaya, dan Yonatan Alex Arifianto. “Kehambaan Kristus sebagai Model Spirtulitas Kepemimpinan Gereja: Kajian Teologis Filipi 2: 5-8.” JURNAL TEOLOGI GRACIA DEO 3, no. 2 (2021).

Indrawan, Muhammad Isa, dan Bambang Widjanarko. “Strategi Meningkatkan Kompetensi Lulusan Universitas Pembangunan Panca Budi Medan.” Kajian Ekonomi dan Kebijakan Publik 12, no. 061 (2020): 4–5.

Irvan S. L; Poltak, Raymond. “Akomodasi Institusi Pendidikan Tinggi Kristen Terhadap Peraturan Pemerintah: Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.” Jurnal Pembaharu 5, no. 1 (2019): Perguruan--Tinggi.

Lian, Bukman. “Tanggung Jawab Tridharma Perguruan Tinggi Menjawab Kebutuhan Masyarakat.” In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 2:999–1015, 2019.

Mulyadi, Arsen Muslih, dan Ibnu Tohar Nurhadi Djonu Kamole. “Membudayakan pikiran, membahasakan budaya, dan membudayakan kehendak kewarganegaraan dalam kehidupan.” In Seminar Nasional Kewarganegaraan. Vol. 3, 2021.

Ngesthi, Yonathan Salmon Efrayim, Carolina Etnasari Anjaya, dan Yonatan Alex Arifianto. “Merefleksikan Prinsip dan Tanggung JawabKepemimpinan Adam dalam Kepemimpinan Kristen: Kajian Biblis Kejadian 2-3.” JURNAL TERUNA BHAKTI 3, no. 2 (2022): 146–156.

Pazmiño, Robert W. Fondasi Pendidikan Kristen, Jakarta: BPK Gunung Mulia. Michigan: Baker Publishing Group, 2012.

Ramdhan, Dadan F, dan Hariman Surya Siregar. “Manajemen Mutu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (Ptkis).” Jurnal Perspektif 3, no. 1 (2019): 75.

Roni Harsoyo. “Model Pengembangan Mutu Pendidikan (Tinjauan Konsep Mutu Kaoru Ishikawa).” Southeast Asian Journal of Islamic Education Management 2, no. 1 (2021): 95–112.

Rumahorbo, Herlince. “Keteladanan Tanggung Jawab Yesus Sebagai Gembala Menjadi Dasar Pelayanan Hamba Tuhan Masa Kini.” Phronesis: Jurnal Teologi dan Misi 3, no. 2 (2020): 130–146.

Rusdiyanto, Rusdiyanto. “Upaya Penciptaan Budaya Religius dilingkungan Kampus Universitas Muhammadiyah Jember.” TARLIM: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 1 (2019): 43–54.

Silalahi, Haposan, Maria Widiastuti, Agnes Novianti Permata Sari, dan Damayanti Nababan. “Desain Pengembangan Kurikulum Prodi Teologi dalam Upaya Menghasilkan Lulusan Berdasarkan Kebutuhan Jemaat.” Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia 6, no. 12 (2021): 6168.

Simanjuntak, Junihot M, Udin Syaefuddin Sa’ud, dan Aan Komariah. “Model Pelatihan Berbasis Produk Untuk Meningkatkan Kinerja Penelitian dan Publikasi Karya Ilmiah.” Jurnal Jaffray 17, no. 1 (2019): 107.

Sugiono, Sugiono, dan Mesirawati Waruwu. “Peran Pemimpin Gereja dalam Membangun Evektifitas Pelayanan dan Pertumbuhan Gereja di Tengah Fenomena Era Disrupsi.” Didasko: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 1, no. 2 (2021): 111–122. http://stakdiaspora.ac.id/e-journal/index.php/didasko/article/view/25/21.

Yulianti, Tien. “Public Speaking Ability Through Focus Group Discussion.” JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) 5, no. 2 (2021): 287–295.

Yuliawati, Sri. “Kajian implementasi tri dharma perguruan tinggi sebagai fenomena pendidikan tinggi di Indonesia.” Widya 29, no. 318 (2012): 28–33.

Zaluchu, Sonny Eli, dan Zulidyana Dwi Rusnalasari. “Masalah publikasi ilmiah di lingkup Sekolah Tinggi Teologi Kristen Indonesia.” Publishing Letters 1, no. 1 (2021): 9–15.




DOI: https://doi.org/10.46929/graciadeo.v5i1.135

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JURNAL TEOLOGI GRACIA DEO is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://e-journal.sttbaptisjkt.ac.id/index.php/graciadeo.

JURNAL TEOLOGI GRACIA DEO telah terindeks pada situs:

Online ISSN: 2655-6863

Printed ISSN: 2655-6871 

Copyright© GRACIA DEO, 2018-2020. All Rights Reserved.

View GD Stats